Halaman

Rabu, 10 Oktober 2012

Konsumsi Apel Setiap Hari, Dapat Menjaga Kesehatan Jantung


Acehtraffic.com - Sebuah penelitian skala kecil yang didanai oleh industri apel menyebutkan kalau makan apel sehari bisa menyehatkan jantung. Diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, peneliti memang menemukan orang dewasa yang rajin makan apel sehari sekali mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuhnya sebesar 40 persen.

Seperti yang dilansir dari The Daily News, peneliti dari Ohio State University melibatkan 16 orang dewasa berusia 40-60 tahun yang tidak terbiasa makan apel, yaitu hanya mengonsumsinya kurang dari dua buah dalam sebulan. Mereka kemudian diminta makan apel setiap hari sekali selama empat minggu berturut-turut.

Sementara itu, 17 koresponden lain diperintahkan mengonsumsi kapsul yang mengandung 194 miligram polyphenol selama empat minggu. Lantas sebanyak 18 orang diminta mengonsumsi obat dengan efek plasebo.

Meskipun apel juga mengandung polyphenol, penelitian ini nyatanya membuktikan kalau makan buah apel utuh merupakan pilihan terbaik dari ketiga kelompok.

"Hal itu disebabkan oleh apel yang bisa memberi dampak lebih spesifik. Misalnya, buah tersebut menyerap komponen buruk dalam tubuh karena nutrisinya masih utuh," terang kepala peneliti Robert DiSilvestro.

Peneliti lantas menjelaskan, kolesterol jahat dalam tubuh yang bertemu radikal bebas bisa memicu inflamasi dan kerusakan jaringan. Namun dengan mengonsumsi apel secara harian, kadar kolesterol jahat tersebut mampu menurun jumlahnya. Selain itu, makanan kaya antioksidan tinggi lainnya seperti kunyit, teh hijau, dan ekstrak tomat tidak memiliki khasiat yang lebih efektif daripada buah apel.

Jika Anda juga berniat rutin mengonsumsi apel setiap hari, sebaiknya pilih yang bebas pestisida. Sebab selama ini apel sering disebut buah yang paling sering terkontaminasi dengan zat kimia berbahaya tersebut.| AT | M | MR |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar