Halaman

Rabu, 03 Oktober 2012

Resep dan Cara Membuat Keripik Pedas/Setan


Selama ini mungkin kita penasaran, bagaimana sih cara membuat keripik setan yang akhir-akhir ini begitu tren disemua kalangan. Mak Irit akan memberikan cara membuat keripik setan, dengan cara yang mudah dan rasa yang nikmat. Keripik yang baik harus dibuat dari bahan baku yang terbaik dan untuk setiap pembuatan keripik harus dijaga kebersihannya.

Cara membuat keripik setan bisa dikatakan mudah, akan tetapi banyak yang gagal dalam membuatnya, faktor kegagalan dalam membuat keripik setan ini beragam. Dari mulai bahan baku yang kurang baik hingga pengolahan yang salah.

Untuk bahan baku dasar seperti singkong, Anda bisa browsing di Mbah Google, ada banyak sekali artikel yang membahas masalah kualitas singkong ini. Dalam artikel ini, kami hanya akan membahas bagaimana caranya membuat keripik yang baik dan rasanya nikmat.

Resep Bumbu Keripik Setan Mak Irit

Bahan-bahan :

  1. Singkong Iris Tipis
  2. Bubuk Bawang merah
  3. Bubuk Bawang putih
  4. Cabe Rawit
  5. Merica 
  6. Ketumbar
  7. Daun Jeruk
  8. Garam
  9. Gula
  10. Minyak Nabati

Cara Membuatnya :

Pertama-tama iris tipis singkong, culi, kemudian rendam dalam air panas dengan diberikan 1 sdt sodakue (untuk volume 1 liter air = 1 sdt soda kue) hingga dingin. Diamkan hingga air dingin atau kurang lebih 1 jam setelah itu bilas lalu keringkan.
Goreng singkong dalam minyak panas, singkong yang digoreng harus terendam secara merata hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Cara Membuat Bumbu :
Aduk bubuk bawang merah dan bawang putih, merica, bubuk cabe rawit, ketumbar, daun jeruk yang telah dikeringkan dan dihancurkan, garam, gula dengan ukuran proporsional sesuai selera.

Cara Menaburi Keripik Setan :
Untuk menaburi keripik dengan bumbu agar menempel dengan baik dengan menggunakan campuran minyak nabati, campurkan minyak nabati kedalam bumbu tabur yang telah dibuat tadi hingga bumbu terlihat lembab (jangan sampai basah). Keripik yang akan dibumbui harus dalam keadaan panas agar bumbu meresap dengan baik.

Taburi keripik dengan bumbu yang telah dibuat dan aduk hingga merata, untuk level pedas bisa sambil dicoba. Kalau kurang pedas bisa ditambahkan bubuk cabe rawit lebih banyak.



Demikian resep keripik setan. Selamat Mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar